apa itu manusia?

Minggu-minggu ini semenjak tanggal 18 September 2011 gue uring-uringan. Gue pikir itu adalah titik balik kegalauan gue semenjak lebaran meniju kemuliaan yang hakiki, tetapi Tuhan berkata lain. Gue malah makin galau gak karuan. Apa yang bikin gue galau!? Apa yang bikin Andi gak bisa pelan-pelan, Apa yang bikin chila cuma pengin sembuhin temen-temennya yang sakit!? Apa yang bikin kulit Becky usia 30 dan 40 tahun tetap sama!? semua pertanyaan itu bikin gue bingung...

Tapi yang bikin gue galau berat adalah "KENAPA GUE DICIPTAIN SEBAGAI MANUSIA"

Gue bukannya berharap diciptain jadi selot pintu WC umum tapi jadi manusia itu susah! Konon kabarnya manusia adalah mahluk labil yang punya sifat malaikat yang baik dan juga punya sifat setan yang jahat. Sebagai manusia gue jadi merasa kaya Ababil! Gue mulai bertanya, berapa persen sifat malaikat gue!? berapa persen sifat setan gue!? Tapi persentasenya berapapun sebenernya gak masalah, isi hati sebenernya gak penting karena sepengintaian gue, orang-orang akan lebih melihat "luarnya" daripada "dalemnya". Kenapa gue bilang gitu!? karena sekarang banyak manusia yang hatinya busuk tapi perbuatannya disenengin banyak orang. ITU DIA YANG BERBAHAYA!!!

ibarat peribahasa "don't judge the snack from it's packaging"

Jujur kalo gue boleh memposisikan diri, gue adalah manusia yang berhati malaikat tapi berkelakuan setan. ini dia yang jadi masalah terbesar gue, kenapa!? karena maksud mulia gue dianggap jahat sama orang-orang. Memang sih banyak orang yang punya niatan baik tapi sering kali mengungkapkan dengan cara yang salah, salah satunya gue.

Yang selanjutnya bikin gue galau adalah, sifat tempramen manusia yang dibagi menjadi 4 yaitu sanguins, plegmatis, koleris dan melankolis. Koleris adalah ciri tempramen gue yang menggebu-gebu dan emosian. Memang gue adalah orang emosian, dan gak pernah nyerah buat ngubah nasib. gak semua nasib gue tolak, tapi nasib yang gue tolak adalah NASIB JELEK! Alesan gue sangat beralasan karena gue pernah bilang "percuma canti kalo bisulnya segede jam dinding, percuma ganteng kalo nasibnya jelek", nah makanya gue yg merasa ganteng abis mesti punya nasib baek! kalo nasib gue jelek, gue bakalan berusaha sampe gas yang ada di usus gue abis!

Gue orangnya suka menularkan nilai-nilai positif gue ke semua orang, apalagi sama orang yg gue sayang. salah satu nilai positif yg gue punya adalah pantang menyerah. Gue pengen orang yg gue sayang punya sifat yg kaya gue, pantang menyerah buat bikin hidupnya lebih bahagia. "gak pasrah dan kalah oleh kenyataan hidup yang nyesek" << putits! tapi sayangnya cara gue buat nularin nilai positif gue suka salah gara-gara sifat gue yang emosian, apalagi gak semua orang bisa nerima cara yg kaya gitu.

Sifat gue ini berpengaruh besar sama kehidupan gue, sering kali gue dianggap jahat gara-gara cara gue yg salah ini. Atau mungkin ada orang yang dianggap baik, suka menolong dan rajin menabung gara-gara caranya yang benar, padahal dalem hatinya busuk. Inilah yang bikin gue galau, nyesek banget rasanya kalo dibilang jahat padahal punya maksud baik. Ibaratnya kaya malaikat yang pake baju merah, dia dianggep setan yg jahat atau sebaliknya setan yg pake baju putih yg dianggep baik, meskipun gue sendiri ga tau baju malaikat sama setan kaya gimana tapi intinya gitu lah.

Malaikat, tetap malaikat meskipun dia bawa machine gun dan nodong lo
Setan tetap setan meskipun dia bawa permen loli warna-warni dan dikasiin sama lo!

Jadi buat yang baca ini (buat temen SD gue, temen SMP gue, temen SMA gue #alaMarshanda) gue saranin supaya lebih nyeimbangin logic sama feeling. Jangan sampe salah satunya TERLALU SANGAT DOMINAN BANGET PISAN! karena kalo too much logic nantinya malah nyakitin hati orang laen, atau terlalu banyak feeling nantinya bakalan terjerumus. Seperti kata bahasa Indonesia: "Baik dan benar" itu hukumnya fardu ain!

maksud baik tapi cara gak benar = SALAH
maksud gak baik tapi cara benar = SALAH

so... konspirasikanlah logika sama perasaan lo buat menilai si "Baik dan Benar" itu secara mendalam, supaya lo gak jadi follower si "nyesel"

Terus terang yg bikin gue galau kali ini adalah masalah percintaan, pengen banget gue ganti nama facebook gue jadi "Beta pernah merasakan Cinta" tapi itu terlalu alay buat orang kaya gue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar